Misteri "UFO" Multiwarna di Langit Inggris Terkuak

Mirip penampakan di Moskow, Rusia. Di atas sebuah aksi demonstrasi.
UFO

UFO
(LiveScience|Screenshot from Video)

Pada Kamis 23 Agustus 2012, muncul penampakan aneh yang membuat lusinan warga Leicestershire, Inggris terpana: cahaya misterius melayang di langit senja, di atas padang terbuka.

Cahaya tiga warna berpendar dari benda mirip lampu yang tak mengeluarkan bunyi. Ukurannya terlalu kecil untuk sebuah pesawat terbang atau helikopter.

Sekelompok peneliti lokal dari Leicestershire UFO Research Society langsung mendatangi lokasi kejadian. "Sejumlah saksi mengaku menyaksikan benda terbang aneh melayang di atas wilayah Barwell dan Burbage Common. Obyek itu mengeluarkan sinar biru, merah, dan putih dan berperilaku aneh," demikian laporan para peneliti UFO.

Penggemar UFO lokal pun menjadi sangat antusias dengan spekulasi itu. Namun, seminggu kemudian tim menyimpulkan, benda diduga UFO itu faktanya adalah, "model quadkopter terang yang diterbangkan di taman lokal oleh penggemar pesawat model."

Juru bicara kelompok peneliti, Graham Hall, menyampaikan, "Kami mendapatkan informasi terpercaya bahwa obyek yang memicu kehebohan nyatanya adalah model quadkopter besar. Model itu memang relatif baru, tapi pada dasarnya itu adalah model helikopter yang memiliki empat rotor kecil. Model itu dilengkapi lampu terang, dan bisa terlihat sangat aneh karena mereka melayang secara melingkar di langit malam," kata dia.

Ini bukan kali pertamanya model pesawat terbang menjadi heboh, disangka sebagai UFO dan mendorong sejumlah ahli melakukan penelitian. Tahun lalu misalnya, obyek misterius terlihat di ketinggian, di atas sebuah aksi demonstrasi di Moskow Rusia.

Lantaran penampakan "UFO" yang tertangkap di video itu, merebaklah pertanyaan di kalangan demonstran apakah alien sedang mengamati mereka. Foto benda aneh tersebut menggambarkan obyek misterius berbadan gelap yang membentuk angka 8, dilengkapi lampu berwarna merah dan putih.

Namun, alih-alih dari luar Bumi, "UFO Moskow" tersebut belakangan diidentifikasi sebagai pesawat tanpa awak dilengkapi kamera yang diluncurkan kantor berita Rusia, Ridus. Gambar-gambar hasil pengambilan gambar dipublikasikan di surat kabar seluruh negeri, sebagai buktinya.

Pesawat tanpa awak (drone) dan quadkopters akan menjadi lebih umum dan lebih murah untuk penggemar model pesawat terbang, terutama di daerah perkotaan. Dipastikan akan makin banyak laporan penampakan benda aneh dan "UFO" di tahun-tahun mendatang.

LiveScience

No comments: