Kebohongan Thomas Alva Edison pada Presiden Western Union

Diantara para operator telegraf Western Union pada akhir 1860-an terdapat orang muda bernama Thomas Edison, yang ketulianya membantu dia berkonsentrasi selagi bekerja bersama operator lain. Selama ia bekerja di Western Union, edison mempelajari listrik dan menerapkan pengetahuannya pada stock ticker 1866, yang memungkinkan Western Union untuk memasok perusahaan-perusahaan pialang New York city dengan kutipan-kutipan berita dari bursa saham.

Penemuan ini membuat keberuntungan pertama Edison. Presiden western union William Orton juga bertanya kepada Edison apakah ia dapat merebut paten Alexander Graham Bell untuk telepon. Edison yang yang dalam kata-kata seorang teman “sedang kosong kesadarannya”, menjawab ia sanggup. Kenyataanya ia tidak sanggup.

Pada 1879 Western Union meninggalkan bisnis telepon, diduga keras karena masalah pertikaian mengenai paten, versi lain menyebutkan bahwa perusahaan tidak melihat masa depan bagi produk “mainan” . Begitu telepon menggantikan telegraf untuk komunikasi, perusahaan berkonsentrasi pada transfer uang.

Pada tahun 1884, Western Union termasuk diantara 11 perusahaan pertama yang terpilih untuk dow Jones Average di new york Stock Exchange.

Ditulis : Bagus J.
Referensi : perusahaan yang mengubah dunia (Jonathan Mantle)

Bagus Jamaluddin

No comments: