Skripsi Kemampuan Mahasiswa Dalam Menguasai Mata Kuliah Aplikasi Komputer

sekedar berbagi saja hasil karya penulis kepada pembaca sekalian saja,memank apalah skripsi ini bila dibandingkan dengan reader sekalian

Kemampuan Mahasiswa Dalam Menguasai Mata Kuliah Aplikasi Komputer (Suatu Penelitian Pada Mahasiswa Jurusan
Pendidikan Ekonomi FKIP Unsyiah Semester Genap 2007/2008).

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini perkembangan teknologi dan informasi maju semakin pesat, hampir semua Sektor merasakan dampak dari perkembangannya. Dunia komputer dan komunikasi contohnya memberikan andil yang cukup besar dalam hubungan meningkatkan produktivitas, bahkan dengan perkembangan tersebut dapat diungkapkan bahwa dunia semakin kecil bukan hal yang asing lagi. Dengan alat komunikasi yang termasuk komputer didalamnya orang dapat mengakses secara mudah informasi dari seluruh dunia, baik informasi ilmiah, perdagangan serta industri.

Semua ini dampak dan perkembangan teknologi dibidang elektronika telekomunikasi dan komputer. Di mana kemajuan-kemajuan ini mampu menimbulkan transformasi masyarakat, yang oleh Toffler (Tim Pengantar Aplikasi Komputer, 2008:12) disebut sebagai ”gelombang ketiga atau transformasi dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi”.

Saat ini komputer sudah menjadi alat umum dipakai sebagai alat bantu untuk menyelesaikan tugas-tugas atau pekerjaan rumit, tetapi pekerjaan sederhanapun diselesaikan dengan komputer. Pemakaian komputer dewasa ini sudah mencakup disegala bidang, mulai dari bidang desain, bisnis, bidang desain grafis sampai layout tulisan dan sebagainya. Begitu luasnya pemakain komputer di era informasi sekarang ini, sehingga tidak berlebihan dikatakan jika ingin menguasai informasi kuasailah komputer.

Dalam era informasi yang semakin cepat, setiap data-data harus segera dapat disajikan dengan cepat (fast), akurat (accuarcy) dan dapat dipercaya (ratible). Karena keterbatasan manusia dalam hal kecepatan dan ketelitian inilah peranan komputer semakin sangat diperlukan.

Perkembangan dunia komputer saat ini telah menghasilkan produk-produk yang bermacam-macam dengan berbagai kualitas dan berbagai penawaran barang yang menarik Dalam penggunaan komputer terdapat tiga aspek yang saling terkait, yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (perangkat manusia sebagal pemakai).

Hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Perangkat keras, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, cukup banyak jenis perangkas keras komputer dengan berbagai merek dan kemampuan tersedia di pasaran dari yang paling populer dan luas serta kompatibel. Software adalah merupakan program-program yang siap dipakai, program ini banyak yang bersifat aplikasi umum dan tidak spesifik, sehingga perlu dirancang program-program. Brainware merupakan orang yang berkecimpung dalam sistem pengolahan data yang mempunyai keahlian dalam bidang komputer.

Seluruh aspek kehidupan manusia ini tidak terlepas dari manfaat teknologi. Tidak mengherankan lagi bila setiap orang dimana saja dan kapan saja selalu berhubungan dengan Komputer, baik dari pencatatan sampai mendesain suatu pekerjaan telah mempergunakan Komputer. Komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah Komputer diambil dari bahasa latih Computare yang berarti menghitung. Menurut Blissmer, 1985(Tim Pengantar Aplikasi Komputer, 2008), Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Mahasiswa membutuhkan komputer untuk menunjang kegiatan perkuliahan dan komputer merupakan kebutuhan primer. Dalam kurikulum mata kuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), terdapat mata kuliah Aplikasi komputer dan mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa FKIP Unsyiah, Pengelolaan kegiatan perkuliahannya dilaksanakan di Labotarium Komputer FKIP Unsyiah. ketika mahasiswa mengambil mata kuliah ini, mahasiswa dituntut untuk bisa menggunakan komputer dan mengaplikasikannya untuk menunjang aktivitas perkuliahan, tidak hanya itu akan tetapi mahasiswa juga dituntut agar dapat mengimplementasikannya serta mengikuti dari perkembangan teknologi komputer baik didalam kampus maupun dilingkungan masyarakat sehingga terwujud mahasiswa yang memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer yang tinggi.

Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk membuat suatu karya ilmiah yang dituangkan dalam bentuk skripsi dengan judul, “Kemampuan Mahasiswa dalam Menguasai Mata Kuliah Aplikom (Suatu Penelitian pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Unsyiah Semester Genap 2007/2008)”.

1.2 Perumusan Masalah

Bila yang ingin versi yang lebih lengkap dari bab I II II IV dan Bab V bisa menghubungi ke email dibawah ini :

suakcot@gmail.com

No comments: