Ditemukan Al-Quran Berusia 900 tahun di Pakistan

Ditemukan Al Quran Berusia 900 tahun di Pakistan 221x300 Ditemukan Al Quran Berusia 900 tahun di Pakistan

Ilustrasi: Qurannews.net

Seorang arkeolog Pakistan, Ghulam Malik, baru-baru ini menemukan Al-Qur’an berusia 900 tahun ketika melakukan perjalanan penggalian ke kota Jhelum Pakistan. Demikian dilaporkan harian Express Tribune.

“Seorang lelaki tua memberikan pada saya sebagai hadiah di sebuah shelter di pebukitan,” Malik menyatakan seperti di kutip harian itu.

“Seorang pria tua memberikan ini kepada saya sebagai hadiah di sebuah penampungan di perbukitan,” kata Malik. “Dia mengatakan kepada saya bahwa mereka punya kitab suci dalam keluarga selama berabad-abad yang diberikan oleh nenek moyang mereka..”

Naskah 900 tahun ini ditulis pada papirus, yang pertama kali diciptkan dan dibuat oleh orang-orang China sebelum penciptaan kertas modern.

Menurut arkeolog, temuan Al-Quran ini ditulis oleh Sirajuddin Abu Tahir Muhammad bin Muhammad bin Abdur Rasheed pada abad ke-12 M.

Benda bersejarah dengan seni kaligrafi yang indah ini berbobot sekitar 5 kilogram dan berisi 1200 halaman, walaupun pada beberapa halaman tulisan tangannya mengabur karena usia yang sudah tua.

Para ahli memperkirakan bahwa naskah ini adalah karya tiga ahli kaligrafi yang menghasilkan salinan Al-Quran hanya dalam waktu satu tahun.

No comments: